Tata Motors membentuk entitas EV baru; menanamkan Rs 700 crore

Tata Motors membentuk entitas EV baru; menanamkan Rs 700 crore
Tata Motors

 Tata Motors membentuk entitas EV baru; menanamkan Rs 700 crore

- Perusahaan baru yang dibentuk dengan nama – Tata Passenger Electric Mobility Limited

- Untuk memiliki 10 EV pada tahun 2025

Untuk memperkuat kehadirannya di pasar EV, Tata Motors membentuk entitas baru bernama Tata Passenger Electric Mobility Limited (TPEML). Didirikan dengan modal awal 700 crore, anak perusahaan baru pembuat mobil India menerima Sertifikat Pendirian dari Kementerian Urusan Perusahaan pada 21 Desember 2021. 

Tata Tigor EV Kiri Depan Tiga Kuartal

Tata Motors adalah promotor TPEML dan memegang 100 persen saham di perusahaan yang baru dibuat. TPEML akan melakukan pembuatan, perancangan, dan pengembangan layanan yang terkait dengan kendaraan listrik dan kendaraan listrik hibrida. Sebelumnya pada Oktober 2021, Tata Motors bergandengan tangan dengan TPG Rise Climate untuk menanamkan Rs 7.500 crore bersama dengan co-investornya. TPEML kemungkinan akan mengamati beberapa investasi oleh kemitraan tersebut di masa depan dan akan menghasilkan pengembangan kendaraan listrik baru, platform BEV khusus, dan teknologi otomotif canggih.

Tata Tigor EV Kiri Depan Tiga Kuartal

Beberapa bulan yang lalu, pembuat mobil juga mengumumkan bahwa perusahaan akan memiliki 10 kendaraan listrik murni dalam jajarannya pada tahun 2025. Saat ini, portofolio EV terdiri dari Nexon EV dan Tigor EV yang baru saja diluncurkan . Bersamaan dengan itu, Tata Motors juga aktif menggarap perluasan infrastruktur pengisian EV di Negaranya.

Review Tata Nexon EV First Drive

Mengapa saya akan membelinya?

Performa adiktif, pengalaman berkendara yang senyap, dan suspensi yang sempurna

Mengapa saya akan menghindarinya?

Rentang kecemasan, infrastruktur pengisian daya, biaya penggantian baterai

Ini adalah Nexon EV , SUV listrik pertama Tata untuk masyarakat. Ini pada dasarnya memulai debut gaya baru yang akan dibawa oleh facelift Nexon bensin/diesel . Jadi, mari kita lihat dan cari tahu apakah Nexon EV layak untuk dipertimbangkan.

Tata Nexon EV Eksterior Depan Kanan Tiga Perempat

Fasia berbentuk kotak sekarang terlihat butch dan menyimpang dari desain sudut model lama. Berdasarkan filosofi desain IMPACT 2.0, Nexon EV memiliki fitur berdiri tegak yang mencakup lampu depan proyektor sweepback baru dengan DRL twin-LED, gril yang direvisi yang jauh lebih datar dan air-dam besar dengan tanda tangan tri-panah. Yang membedakan Nexon EV adalah sorotan krom biru pada bumper, garis sabuk yang naik, dan lencana EV. Terlebih lagi, ia juga mendapatkan satu set alloy mesin 16 inci yang tampak rapi dan sisipan LED baru di lampu belakang. Secara keseluruhan, Nexon EV tampil sebagai SUV trendi di segmen SUV kompak dengan identitasnya sendiri.

Tata Nexon EV Tampilan Sisi Kiri Eksterior

Bagaimana di dalam?

Dasbor Interior Tata Nexon EV

Interior Nexon EV sebagian besar mirip dengan versi IC tetapi mendapatkan beberapa pembaruan khusus EV. Jadi, kabin dual-tone abu-abu dan putih terus dirancang secara ergonomis, dan menampilkan aksen biru krom di berbagai tempat. Itu mendapat roda kemudi datar-bawah yang bersumber dari Altroz, tetapi lebih lanjut tentang itu nanti. Trim XZ+ spesifikasi teratas ini hadir dengan kluster instrumen digital tujuh inci, yang menampilkan tingkat pengisian daya, jarak tempuh yang tersisa, konsumsi baterai, navigasi belokan demi belokan, dan banyak lagi.

Baca Juga: Ioniq 5, Mobil Listrik yang Akan Diproduksi di Indonesia, Segini Harganya

Tata Nexon EV Interior

Kursi depan, dengan kursi pengemudi yang dapat diatur ketinggiannya, terus menawarkan dukungan lateral dan bawah paha yang baik. Konon, itu akan menjadi keuntungan jika mereka memberikan dukungan kayu untuk kenyamanan tambahan. Apa yang juga bagus adalah mudah untuk masuk dan keluar dari SUV. Kursi belakang cukup akomodatif dan kabin yang lebar memungkinkan tiga orang dewasa berukuran rata-rata duduk dengan nyaman, dengan dasar kursi yang besar menawarkan dukungan yang baik untuk paha Anda. 

Terlebih lagi, ia juga mendapat ventilasi AC belakang dan soket listrik 12V, yang semakin meningkatkan pengalaman kursi belakang. Namun, jika saya harus memilih, saya akan mengatakan bahwa garis atap yang miring memakan ruang kepala di belakang untuk penumpang yang lebih tinggi, dan kualitas sisipan piano black tidak sesuai standar karena mudah tergores.

Tata Nexon EV Interior Rear Seat Space

Namun demikian, trim XZ+ spesifikasi teratas ini hadir dengan fitur-fitur seperti sistem infotainment layar sentuh tujuh inci dan sistem musik Harman delapan speaker yang terdengar luar biasa. Kemudian, juga mendapat fitur seperti sistem kontrol iklim, tombol start/stop push, keyless entry, dan kotak sarung tangan berpendingin, yang semakin meningkatkan kenyamanan dan kemudahan mobil. 

Terlebih lagi, ia juga dilengkapi dengan teknologi mobil yang terhubung melalui suite aplikasi ZConnect dengan 35 fitur konektivitas. Jadi, ini memungkinkan pengguna untuk mengatur pagar Geo, menyalakan/mematikan AC dari jarak jauh, dan mengirim peringatan SOS dan banyak lagi. Dan sebagai EV, Anda juga dapat memantau dari jarak jauh tingkat pengisian daya saat ini dan jangkauan yang tersedia, memeriksa riwayat pengisian daya, dan menemukan stasiun pengisian terdekat di antara yang lainnya. Apalagi,


Tata Nexon EV Eksterior

Bagaimana cara mengemudinya?

Tata Nexon EV Engine

Jika Anda tidak terbiasa dengan kendaraan listrik, Anda akan terkejut dengan betapa sunyinya EV, dan Nexon EV tidak berbeda. Motor listrik ini memiliki torsi 127bhp/245Nm dan dipasangkan dengan transmisi otomatis satu kecepatan. Ini mendapat dua mode - Drive dan Sport. Masuk ke mode S, Nexon EV akan membuat Anda terkejut dengan caranya memulai, berkat lonjakan torsi yang tak henti-hentinya dari kata 'go'. Respon throttle sangat cepat di sini, dan Anda didorong kembali ke kursi dengan paksa. Klaim Tata Motors dari sprint 0-100kmph dalam 9,9 detik dapat dipercaya sebagai Nexon EV meluncur ke depan dengan penuh semangat.

Tata Nexon EV Action Belakang Kiri Tiga Perempat

Dalam mode D, respons throttle diredam tetapi tidak terasa tumpul atau kaku. Bahkan, lebih dari cukup untuk berkeliling kota atau berlayar di jalan raya. Sangat mudah untuk mengikuti lalu lintas atau menyalip, dan sangat ideal untuk mengekstrak lebih banyak jangkauan dari mobil. 

Tata Motors mengklaim bahwa kisaran keseluruhan mendapat pukulan 20-25 persen saat dikendarai dalam mode S. Perlu dicatat bahwa Tata Motors telah membatasi kecepatan tertinggi secara elektronik hingga 120 km/jam di kedua mode. Muncul dengan regenerasi energi rem, yang disetel pada kecepatan sedang, dan langsung bekerja saat Anda mengangkat kaki dari pedal gas. Pada Nexon EV, ini tidak mengganggu tetapi perlu sedikit membiasakan diri. Anda perlu mengantisipasi lalu lintas kendaraan dan lampu berhenti, dan jika dilakukan dengan benar, re-gen juga membantu memperluas jangkauan beberapa kilometer.

Tata Nexon EV Eksterior

Sebagai bagian dari teknologi Ziptron, motor listrik dipasangkan dengan paket baterai lithium-ion berpendingin cairan 30,2kWh yang memberikan jangkauan bersertifikat ARAI sejauh 312km. Paket baterai dilengkapi dengan peringkat IP67, yang tahan debu dan air di bawah satu meter air. Tata Motors mengatur tes gumpalan air untuk membawa Nexon EV melalui 300mm air, dan bahkan setelah menghentikan SUV di tengah reservoir, ia keluar tanpa masalah. Tata mengklaim jangkauan dunia nyata 250-260km dan di zaman kita dengan SUV, yang melibatkan beberapa mengemudi kota dan juga menembakkan mobil di jalan bebas hambatan dalam mode S, ia menempuh 190-aneh km dengan 40km jangkauan masih tersisa.

Tata Nexon EV Action Cornering

Dalam hal penanganan, kemudinya cepat dengan kurang dari tiga putaran lock-to-lock, dan SUV terasa gesit saat Anda memutar input. Kemudinya ringan pada kecepatan rendah dan beratnya naik dengan baik saat kecepatan meningkat, yang menginspirasi kepercayaan diri untuk mengambil tikungan yang jauh. Namun, jika Anda menginjak pedal gas pada switchbacks, cenderung understeer karena semua torsi langsung diumpankan ke roda depan. 

Untuk pengendaraan, suspensi Nexon EV memiliki keunggulan yang mumpuni. Karena penambahan massa sekitar 100kg (kerb 1400kg), pegas menjadi kaku. Jadi, pengendaraan kecepatan rendah terasa agak kencang, tetapi saat Anda meningkatkan kecepatan, suspensi meratakan sebagian besar undulasi jalan dan sambungan bagian. Anda hampir tidak akan melihat ada lemparan atau berkubang, dan body-roll juga terisi dengan baik.

Tata Nexon EV Action Sisi Kanan

Haruskah saya membeli satu?

Tata Nexon EV Tampak depan Eksterior

Tata Motors telah melakukan upaya terbaik mereka untuk mendukung gagasan pemerintah tentang mobilitas hijau dengan Nexon EV . Ini mengemas gaya khas, kaya fitur, dan ketersediaan torsi seketika membuat ketagihan. Dan, itu mengemudi dengan baik juga. Dan meskipun jangkauan 312km mungkin terasa cukup untuk kebutuhan kota sehari-hari, kurangnya infrastruktur pengisian daya yang memadai berarti Anda tidak dapat merencanakan perjalanan jarak jauh dengan Nexon EV.

Tata Nexon EV Eksterior Depan Kiri Tiga Perempat

Sementara itu, mobil ini juga akan dibundel dengan pengisi daya dinding 3,3kW yang mengisi daya baterai dari 20-100 persen dalam delapan jam, sedangkan pengisi daya cepat DC 25kW akan mengisi daya baterai dari 0-80 persen dalam 60 menit. Namun, pengisi daya ini akan dipasang di dealer tertentu di 22 kota di India. Jadi, Tata Nexon EV mungkin menarik bagi pembeli yang ingin membelinya sebagai mobil kedua, tetapi seperti yang ada saat ini, itu tidak bisa menjadi satu-satunya mobil Anda. Jadi, jika Anda berencana untuk membelinya, Nexon EV akan diluncurkan pada 28 Januari di India.

Di mana itu cocok?

Tata Nexon EV Belakang Kanan Tiga Perempat Eksterior

The Nexon EV tidak memiliki pesaing langsung, tidak sekarang setidaknya. Tapi dengan harga yang diharapkan Rs 15-17 lakh (ex-showroom), Tata Nexon EV akan menyaingi varian top-end dari Kia Seltos , Hyundai Creta , MG Hector dan Tata Harrier .


Gambar oleh Kaustubh Gandhi

sumber: https://www.carwale.com/news/tata-motors-forms-new-ev-entity-infuses-rs-700-crore/

https://www.carwale.com/tata-cars/nexon-ev/expert-reviews/tata-nexon-ev-first-drive-review/

Tata Motors membentuk entitas EV baru; menanamkan Rs 700 crore  Tata Motors membentuk entitas EV baru; menanamkan Rs 700 crore Reviewed by Bang Mukhtar on 03.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.